Press "Enter" to skip to content

Hosting dan Domain

Eddy 0

Hosting  dan Domain

Zaman sekarang merupakan zaman informasi, semua yang kita inginkan bisa  diketahui dengan cepat melalui internet. Di dalam internet tersebut kita akan menjumpai Website. Apa itu website? Website adalah suatu situs yang menunjuk alamat tertentu dimana kita bisa melihat isi dari situs tersebut. Karena berhubungan  dengan Website  maka penulis membahas secara khusus  hubungan Hosting dan Domain karena dua hal ini tidak bisa dipisahkan dengan Website.

Menurut Pandi.id, Domain adalah suatu nama unik yang berfungsi untuk mengidentifikasi nama server komputer. Nama domain ini bertujuan untuk mempermudah mengakses ke suatu alamat situs, daripada menggunakan deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP. Untuk membangun suatu website diperlukan nama domain dan webhosting agar nama domain dapat digunakan dan diakses pada dunia internet. Nama domain sendiri mempunyai ragam jenis dan penggunaannya tergantung dengan tujuan dan lokasi negara tersebut.

Domain mempunyai jenis seperti .com , .net , .org , .info , .edu , .mil , .gov dan .id. Untuk nama domain ini disebut dengan TLD (Top Level Domain).

TLD sendiri terbagi beberapa macam seperti:

1.Top Level Domain (TLD)
TLD merupakan nama domain yang paling sering digunakan dan termasuk top level. TLD termasuk umum dan mudah diingat sehingga banyak sekali yang menggunakan. Banyak website yang sering menggunakannya antara lain yaitu .com, .net, .org, .edu. Domain tersebut juga tidak merujuk pada organisasi tertentu jadi bebas digunakan oleh situs personal.

2. Country Code Top Level Domain (ccTLD)
Tipe selanjutnya adalah ccTLD. Seperti namanya, domain satu ini menggambarkan kode dari negara tertentu. Penggunaan ccTLD mengindikasikan bahwa situs yang bersangkutan merupakan milik negara tertentu atau bisa juga sengaja digunakan untuk menargetkan pengunjung dari negara yang country code nya dipakai. Contoh dari ccTLD antara lain yaitu .id untuk Indonesia, .uk untuk United Kingdom atau Inggris, .us untuk United States, .kr untuk Korea Selatan, dan masih banyak kode lainnya.

3. Generic Top Level Domain (gTLD)
gTLD awalnya merupakan nama domain yang dikhususkan untuk oraganisasi atau bidang tertentu. Namun kini sudah tidak demikian, banyak situs biasa yang menggunakan tipe gTLD. Contoh dari gTLD antara lain yaitu .edu untuk bidang pendidikan, .mil untuk bidang militer, .gov untuk pemerintahan, .org untuk organisasi tertentu, dan .net untuk penyedia layanan intenet.

4. Second Level Domain (SLD)
Dalam pembahasan sebelumnya telah dijelaskan bahwa domain sebagai alamat yang memudahkan para pengunjung situs. Nah second level domain sendiri menggambarkan alamat lebih rinci dan khusus. Contoh penggunaan SLD yaitu .co.id, .ac.us, .co.uk, dan masih banyak contoh lainnya. Menggunakan SLD menunjukkan tempat lebih khusus dari situs yang hendak dikunjungi.

Penulis sendiri merekomendansikan pembelian domain di SINI. 

Domain di sini murah tapi bukan murahan.

keunggulan pembelian domain di Namesilo :

  1. Secure artinya domain tersebut aman , tidak mudah di hack atau dijahati oknum yang yang tidak bertanggung jawab.
  2.  Harga jelas jadi pilihan  nomor 2 menurut penulis.
  3. Jika erjadi kendala, respon Cepat dan Tepat.
  4.  Jika kalian terkendala bahasa English, di sini ada Technical Support yang bisa bahasa Indonesia.




Bilamana anda merupakan pemula belajar buat website, penulis sarankan membeli domain dan hosting di Niaga Hoster. Tanpa Ribet , tanpa repot , maka kalian langsung mulai buat website.

Hosting adalah tempat penyimpanan data berupa teks, video, gambar. Sebagai ilustrasi, Hosting itu rumahnya dan Domain itu alamat rumah berupa jalan dan nomor rumah itu.

Hosting ada yang :

1. Unlimited Hosting

2. Cloud Hosting , sekarang teknologi ini lagi tren.

3. Manage Wordpres

4. Mail Hosting

Silahkan pilih  sesuai kebutuhan kalian. Oh ya supaya lebih Irit , kalian beli hosting ketik : DAPATKANDISKON5Persen maka kalian dapat Diskon 5% dari saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *